Hot Info

12 Reruntuhan Kota Paling Terkenal Di Seluruh Dunia


Saat kita belajar pelajaran sejarah di kelas tempo dulu, guru kita mengajarkan berbagai peradaban kuno di seluruh dunia beserta kota-kota megah di dalamnya. Pertanyaanya, masih adakah kota megah tersebut di dunia saat ini!!

Apabila ada yang ingin berkunjung, beruntunglah, karena kota megah tersebut masih eksis ada di dunia, ada yang masih berdiri megah dan ada yang sudah berubah menjadi reruntuhan. Walaupun reruntuhan, namun tempat tersebut sangat terkenal di kalangan para wisatawan mancanegara.

Banyak alasan yang menyebabkan hancurnya beberapa kota megah itu, mulai dari ditinggalkan oleh penduduknya, peperangan, bencana alam dahsyat, perubahan iklim, hingga kalah bersaing dengan kota lainnya.

Berikut 12 Reruntuhan Kota Paling Terkenal Di Seluruh Dunia


12. Carthage

Carthage, gambar journeytothesource.info
Sekarang reruntuhan kota ini terletak di negara Tunisia, Carthage (Kartago) dulunya didirikan oleh bangsa Fenisia, dan menjadi salah satu kota penting kala itu di Mediterania. Waktu itu, kota ini merupakan rival kota dagang lainnya, seperti Syracouse dan Rome.

Kota ini sempat dihancurkan oleh bangsa Romawi kuno pada tahun 146 sebelum masehi. Saat itu, bangsa romawi menjarah harta benda, menangkap, memperkosa dan memperbudak penduduk Carthage.

Setelah itu, Carthage di bangun ulang oleh bangsa Romawi, dan menjadi salah satu kota strategis di utara benua Afrika untuk mempertahankan eksistensi kerajaan Romawi kuno. Namun, pada tahun 698 masehi, kota ini ditaklukan oleh kerajaan Islam, dan sisa reruntuhannya dapat kita saksikan hingga sekaran ini.

11. Troya

Troya, gambar pinterest.com
Bagi yang menyukai film kerajaan, pastinya tidak asing mendengar kata Troya. Troya merupakan kota legendaris yang letaknya di barat laut Anatolia (sekarang negara Turki).

Troya juga terkenal akan ketangguhannya, karena salah satu kota yang sulit ditaklukan kala itu, sehingga kota ini diabadikan keberadaannya dalam sebuah syair kepahlawanan Homer, naskah the Iliad.

Berdasarkan syair itu, kemegahan Yunani belum lengkap apabila belum menguasai Troya. Dan akhirnya, kota ini dapat dikuasai bangsa Yunani, dengan berbagai tipu muslihat dan kesalahan bangsa Troya sendiri. Diperkirakan, kehancuran kota ini terjadi pada abad ke 13 sebelum masehi.

10. Memphis

Memphis, gambar egypttoursgate.com
Memphis di dirikan sekitar 3.100 sebelum masehi, merupakan kota legendaris yang letaknya di selatan Kairo. Saat itu, kota megah ini merupakan kediaman Raja Menes, yakni raja yang mempersatukan kerajaan mesir utara dan kerajaan mesir selatan.

Bisa dibilang, Memphis adalah ibu kota pertama Mesir kuno. Setelah Menes wafat, kota ini diperluas pada dinasti Saqqara. Kota ini pun pernah dikuasai oleh beberapa kerajaan besar, mulai dari Nubia, Assyiria, Persi dan bahkan Alexander the Great dari Macedonia pun pernah menguasai kota ini.

9. Babylon

Babylon, gambar bonah.org
Reruntuhan kota selanjutnya terletak di selatan kota Baghdad-Irak, yakni Babylon. Babylon merupakan ibu kota dari kerajaan Babylonia, kerajaan kuno Mesopotamia, yang berkembang di sepanjang aliran sungai Euphrates.

Sempat menjadi bagian kerajaan Anarchy Circa pada 1180 dan dikuasai sekali oleh kerajaan Assyrian pada abad ke-9. Salah satu daya tarik tempat ini yakni, saat Raja Babilonia kala itu, Nebukanedzzar (604-562 SM) membuat taman gantung indah di tengah-tengah kota. Namun saat ini, kita hanya bisa menyaksikan reruntuhan kota legendaris ini.

8. Taxila

Taxila, gambar pinterest.com
Terletak di barat daya Pakistan, Taxila merupakan reruntuhan kota yang dulunya pernah dikuasai kerajaan Persia, semasa pemerintahan Raja Darius the Great pada 518 SM. Pada tahun 326 SM, kota ini diserang juga oleh Alexander the Great, dan memaksa kerajaan Persia mundur dari kota ini.

Setelah itu, kota ini ditinggalkan Alexander, dan pada abad ke 1 SM, menjadi salah satu kota penting dalam perkembangan agama Budha. Saat itu, kota ini mempertemukan tiga jalan utama perdagangan, namun ketika volume orang yang masuk kota menurun drastis, kota ini akhirnya melemah dan dihancurkan oleh bangsa Huns (Mongol) pada abad ke-5.

7. Mohenjodaro

Mohenjodaro, gambar nationalgeographic.com
Walaupun dibangun sekitar tahun 2600 sebelum masehi, reruntuhan kota Mohenjodaro masih dapat kita saksikan kemegahannya di negara Pakistan. Kota ini terbilang rapi, karena tata ruang kota terlihat jelas, mulai dari jalan dan saluran pembuangan.

Sepertihalnya Babylon dam Memphis, Mohenjodaro termasuk kota yang berdiri dan berkembang dekat aliran sebuah sungai, yakni sungai Indus. Selain itu, reruntuhan kota ini juga masuk dalam situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO.

6. Leptis Magna

Leptis Magna, gambar thousandwonders.net
Satu lagi kota penting di utara benua Afrika yang pernah dikuasai bangsa Romawi kuno, Leptis Magna. Saat ini, reruntuhan kota Leptis terletak di timur kota Tripoli, Libya. Sebagai salah satu kota penting, Leptis dianugerahi pelabuhan alami, sehingga kapal-kapal besar dapat bersender di dermaga Leptis.Saat itu, kota ini termasuk kota aman dan kuat milik Romawi, buktinya Raja Romawi bernama Septimius Severus (193-211 SM) lahir di kota ini.

5. Palmyra

Palmyra, gambar theduran.com
Selama beratus-ratus tahun lamanya, kota yang memiliki julukan “kota seribu pohon palm”, menjadi tempat rehat para pedagang dari Persia ke Mediterania atau sebaliknya. Dari tempat rehat, lalu berubah menjadi tempat jual beli, kota ini pun menjelma menjadi salah satu kota terkaya di Assyria.

Kemajuan Palmyra, dimulai saat raja Romawi saat itu, Diocletian, menguasai kota ini, lalu ia pun memperluas kota sembari membangun dinding, untuk mencegah serangan bangsa Sassanid.

Setelah kerajaan Romawi terbagi menjadi dua, pada 634 M, bangsa Arab berhasil mengambil alih kota ini, dan pada masa kerajaan Ottoman, kota ini mengalami kemunduran, sebab jalur perdagangan Persia dialihkan menuju Utara (lewat Konstantinopel).

4. Persepolis

Persepolis, gambar wixstatic.com
Persepolis atau Parsa merupakan ibu kota dari kerajaan Persia kuno, yang letaknya 70 km timur laut dari Shirz, Iran. Sebagai ibu kota kerajaan Persia, keindahan kota ini masih dapat kita saksikan dari sisa reruntuhan kota, berupa kepingan-kepingan lukisan pada dinding dan pilar.

Saat Alexander the Great melakukan ekspansi, kota ini sempat dibakar, dihancurkan oleh kerajaan Macedonia. Akhirnya, setelah Persia mengalah, dan Persepolis dijadikan ibu kota Provinsi Macedonia kala itu.

3. Pompeii

Pompeii, gambar musement.com
Pada bulan agustus tahun 79 Masehi, gunung berapi Vesuvius yang letaknya di pesisir barat daratan Italia, meletus dengan dahsyatnya, menyebabkan beberapa kota di dekatnya, khususnya Pompeii tertutupi debu dan bahan vulkanik lainnya sedalam beberapa meter.

Alhasil, kota ini hilang selama 1600 tahun lamanya. Selama kurun waktu itu, seluruh isi kota, mulai dari vas bunga, meja hingga penduduk Pompeii seakan dibekukan oleh waktu atau mengalami proses pemumian secara alami.

Saat ini, Pompeii menjadi salah satu destinasi favorite turis mancanegara yang melancong ke negara Italia, khususnya yang ingin melihat kota Pompeii waktu dulu.

2. Petra

Petra, gambar onthegotours.com
Kota ini dulunya merupakan masterpiece dari peradaban kuno zaman dulu, tepatnya bekas ibu kota kerajaan Nabatean. Reruntuhan kota ini sempat hilang dari peta, sampai ditemukan kembali oleh traveler Swiss, Johann Ludwig Burckhardt pada 1812.

Kota ini sugguh unik, karena dibangun di dalam celah canyon Wadi Musa, dengan memahat batuan di dalamnya. Saat masa jayanya, kota ini dilalui oleh para pedagang dari Tiongkok dan dari Eropa, sebagai tempat transit/istirahat di jalur sutra.

Namun, karena sering dilanda gempa, para penghuni di dalam kota banyak yang pindah dan mengungsi. Akhirnya sekitar abad ke-6, petra benar-benar ditinggalkan oleh penduduknya.

1. Machu Picchu

Machu Picchu, gambar lonelyplanet.com
Nah, ini dia reruntuhan kota paling terkenal di kalangan turis mancanegara, Machu Picchu. Mengapa terkenal?? bayangkan saja, kota ini berdiri diatas puncak gunung, berbeda dengan kota-kota kuno lainnya di seluruh dunia.

Macchu Picchu ditemukan sekitar tahun 1911 oleh sejarawan Hawaiian, yang sebelumnya tempat ini tersembunyi selama ratusan tahun diatas lembah Urubamba. Sehingga tempa ini dijuluki “Kota hilang suku Inca”.

Walaupun reruntuhan, Macchu Picchu sangatlah indah dan megah, puing-puing bangunan di sana bersatu dengan alam sekitar, seakan menjelajahi Macchu Picchu memasuki dunia dongeng.

Demikian keduabelas reruntuhan kota paling terkenal di seluruh dunia, semoga informasi kali ini menambah khazanah wawasan kita semua.

Referensi:
https://id.wikipedia.org

No comments