Hot Info

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh


Minyak zaitun atau olive oil telah dikenal sejak zaman para Nabi, dan menjadi barang dagangan paling dicari kala itu. Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang tumbuh subur di wilayah mediterania atau timur tengah, Eropa selatan dan Afrika utara. Tumbuhan ini memerlukan intensitas cahaya matahari yang banyak untuk tumbuh.

Disukai oleh Nabi Muhammad Saw dan tertulis dalam surat Al-Quran, tak heran segudang manfaat bagi tubuh terdapat pada minyak zaitun, mulai untuk memelihara kesehatan hingga kecantikan tubuh. Hal itu dikarenakan, dalam seitap 100 gram minyak zaitun terkandung nutrisi:

1.  Energi =884 kalori
2.  Lemak =  100 gr, terdiri dari :
(*) Lemak Jenuh (14 g)
(*) Lemak Tak jenuh tunggal (73 g)
(*) Lemak Tak jenuh ganda (11 g)
(*) Asam Omega-3 lemak (<1,5 g)
(*) Asam Omega-6 leak (3,5-21 g)
3. Karbohidrat= 0 gr
4. Protein = 0 gr
5. Kolesterol= 0 mg
6. Sodium =2 mg
7. Potasium = 1mg
8. Vitamin E =14 mg
9. Vitamin K =62 mg

Pada kesempatan kali ini, Yuukeren akan mengulas beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Manfaat bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Mencegah Penyakit Kardio

Berdasarkan penelitian, jika seseorang mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin tiap hari, maka dapat mencegah resiko serangan berbagai penyakit modern yang berkaitan dengan sistem kardio, seperti darah tinggi, jantung dan stroke.

Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah arteri mungkin tidak bekerja sebagaimana mestinya, dan ini sungguh mengundang berbagai macam penyakit. Faktanya, di dalam minyak zaitun terkandung lemak tak jenuh lebih banyak daripada lemak jenuh, sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

2. Mencegah Diabetes

Mengkonsumsi makanan rendah lemak, merupakan cara mencegah terserangnya seseorang terkena berbagai penyakit serius, seperti diabetes. Salah satu solusinya yakni mencampur minyak dapur dengan zaitun, sehingga kolesterol makanan tetap terjaga.

3. Mengobati Peradangan

Minyak zaitun kaya zat anti-oksidan, khususnya polifenol, yang berperan membantu melindungi sel-sel tubuh dari ancaman radikal bebas. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti-inflamasi atau peradangan. Para ilmuan menunjukan, efek polifenol sangat baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan.

4. Memelihara tekanan darah

Memasukan minyak zaitun sebagai bahan tambahan untuk memasak selama enam bulan, berdampak baik untuk memelihara tekanan darah. Keampuhan ini berasal dari kandungan lemak jenuh yang rendah dan terdapatnya asam essensial omega-3 dan omega-6.

5. Sebagai Sumber Lemak Tubuh Yang Menyehatkan

Minyak ini termasuk jajaran daftar minyak paling sehat, karena kandugnan lemak jenuh yang rendah, dimana dari 100 gr minyak zaitun, terdapat lemak jenuh 14 gram, selebihnya merupakan lemak tak jenuh, dan asam essensial lainnya, seperti omega-3 dan 6. Dari komposisi inilah, zaitun aman dikonsumsi tanpa khawatir terkena resiko kolesterol.

6. Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa mengkonsumsi rutin minyak ini dapat mendorong turunnya resiko kanker kolorektal, yaitu kanker yang menyerang sistem pencernaan. Selain itu, bagi wanita, dapat menurunkan terjadinya kanker payudara.

7. Mencegah Stroke

Dari penelitan baru-baru ini, menunjukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin, akan menurunkan resiko terkena penyakit stroke di kemudian hari, daripada orang yang tidak pernah mengkonsumsinya sama sekali.

8. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan zat asam linoleic di dalam zaitun mendorong memelihara kadar air pada seluruh permukaan kulit, dan jika digabungkan dengan anti-oksidan, bersama-sama mencegah proses penuaan dini.

9. Menurunkan Tingkat Depresi

Dengan mencampur atau mengganti minyak dapur dengan zaitun, memungkinkan hilangnya lemak trans-jahat terkandung di dalam masakan, karena minyak ini tetap stabil pada suhu tinggi.

10. Memelihara Berat Badan

Memiliki berat badan berlebih dapat mempengaruhi kinerja jantung, kolesterol dan gangguan lainnya. Untungnya, zaitun mengandung lemak tunggal tak jenuh yang mampu memelihara berat badan seseorang.

11. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Dari penelitian, minyak ini memiliki kemampuan meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Artinya, meningkatkan juga proses terbentuknya tulang pada masa anak-anak dan remaja, serta pada orang dewasa menjaga kekuatan dan ketahanan tulang.

12. Memelihara Sistem Pencernaan

Zaitun dapat berfungsi sebagai pelumas di dalam saluran pencernaan manusia. Sehingga makanan mudah terserap di usus halus, serta memudahkan sisa makanan bergerak di dalam usus besar.

13. Meningkatkan Fungsi Otak

Dari penelitian, diperoleh temuan baru, ternyata minyak zaitun memiliki kemampuan meningkatkan fungsi otak, khusunya kognitif dan daya ingat. Hasil ini diperoleh dari studi, bahwa seseorang yang rutin menggunakan zaitun dalam makanan sehari-harinya, memiliki kefasihan dalam berbicara dan daya ingat yang tinggi. 

Mungkin itu sebabnya, zaitun digemari Nabi dan para sahabat, dimana daya ingat mereka dalam menghafal surat-surat tidak diragukan lagi. Selain itu, dari jurnal neuroscience memperlihatkan bahwa ekstrak minyak zaitun mampu menurunkan resiko penyakit Alzheimer atau kepikunan.

14. Melegakan Pernapasan

Napas berat tanda sistem pernapasan mengalami gangguan. Biasanya perokok aktif sering mengalami keluhan ini. Untungnya ada zaitun, minyak ini mampu melegakan sistem pernapasan. Caranya, ambil satu sendok zaitun, dicampur dengan satu ekstrak lemon, minum dalam keadaan perut kosong.

Manfaat bagi Kecantikan Tubuh:

1. Memberikan Kelembapan Alami Kulit

Sebagai negara tropis, mayoritas masyarakat kita sering mengalami masalah kulit kering. Sehingga dibutuhkan nutrisi alami agar kulit tetap sehat dan lembap. Minyak zaitun kaya akan vitamin E, seperti kita ketahui, zat ini sangat baik untuk menigkatkan kesehatan kulit dari dalam. Caranya: Bersihkan wajah dengan air dingin, lalu oleskan zaitun secukupnya hingga rata. Diamkan sekitar setengah jam, lalu bilas dengan air.

2. Mengobati Noda Hitam Dan Jerawat

Minyak ini kaya akan vitamin E dan asam essensial, seperti omega-3 dan 6. Kombinasi nutrisi ini sangat baik untuk mengobati kulit dari berbagai gangguan kesehatan, seperti kulit keriput, noda hitam dan jerawat. Caranya: oleskan minyak zaitun hangat pada wajah yang mengalami gangguan tadi, diamkan beberap saat, lalu bilas bersihkan dengan air hangat.

3. Sebagai Lotion Rambut Alami

Seringngnya rambut mengalami pengkritingan atau pelurusan yang menggunakan bahan kimia dan alat catokan, dapat menimbulkan kerusakan rambut dalam jangka panjang. Untuk menanggulanginya, gunakanlah minyak zaitun sebagai nutrisi alami, pertahanan kesehatan rambut. Caranya: seperti menggunakan minyak rambut pada pria, namun sambil diberi pijatan agar minyak meresap ke akar rambut. Terakhir bilas dengan air bersih.

4. Melebatkan Pertumbuhan Rambut

Selain menyehatkan rambut, nutrisi pada zaitun juga mendorong pertumbuhan rambut. Apalagi di gabungkan dengan sedikit daging alpukat, hasilnya akan luar biasa cepat. Caranya: buat campuran masker dari alpukat dan zaitun, lalu oleskan pada rambut selama setengah jam, terakhir bilas.

5. Menghaluskan Tangan, Kaki dan Kuku

Minyak zaitun murni jika digunakan secara rutin sehabis mandi pada area tangan dan kaki, maka bermanfaat mencerahkan dan menghaluskan kulit serta kuku. Selain menghaluskan, efeknya dapat menghilangkan kulit pecah-pecah pada tumit kaki.

Demikian keempat belas manfaat kesehatan dan lima manfaat kecantikan minyak zaitun bagi tubuh, semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kita semua.

Referensi:
https://www.fatsecret.com/
http://www.stylecraze.com/
https://www.oliveoiltimes.com/


No comments