Hot Info

12 Jenis Tenda Modern Untuk Traveling


Siapakah yang pernah mengikuti pramuka sewaktu duduk di bangku sekolah dulu? Jika ada yang ikut, pastinya pernah merasakan asiknya berkemah, dan untuk berkemah, salah satu peralatan yang wajib disiapkan yakni tenda.

“Tenda adalah sebuah tempat pelindung yang terbuat dari lembaran kain atau bahan lainnya, menutupi sebuah kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung.”

Jika menilik sejarah, penggunaan tenda telah ada sejak peperangan romawi kuno, saat itu bahan utama tenda terbuat dari kulit binatang. Sejak itu, berkembanglah berbagai bentuk tenda, bahkan di daerah Nomadic ada tenda unik yang disebut yurt.

Saat ini, penggunan tenda tidak hanya terbatas untuk keperluan peperangan, namun digunakan sebagai tempat penampungan korban bencana alam, acara hajatan, atau untuk tujuan rekreasi, seperti pendakian gunung.

Pada kesempatan kali ini, yuukeren akan mengulas jenis tenda modern untuk travelling yang beredar di pasaran saat ini.

1. The Basic Ridge

The Basic Ridge, gambar omearacamping.com
Tenda jenis ini adalah model terawal dari tenda modern yang dikenal manusia. Tidak hanya kokoh, bentuknya pun persis seperti atap rumah. Ciri utama dari tenda ini, yakni mereka mimiliki dua sisi sama besar, dengan dua kutub yang dihubungkan dengan tali, sehinga dinamai tenda ridge.

Kelebihan tenda ini yakni stabil dan kokoh, serta mudah untuk di dirikan. Kekurangannya, tenda ini idealnya untuk dua-tiga orang, karena semakin tinggi tiang pancang, angin yang menerjang akan semakin kuat. Contoh tenda ini yakni tenda pramuka.

2. Tenda Dome

Dome, gambar grasshopperleisure.co.uk
Dinamakan tenda dome, karena atapnya berbentuk seperti kubah mesjid. Tenda modern jenis ini sangat digemari oleh para hikers, climbers dan backpakers karena memiliki berbagai kelebihan, diantaranya:
  1. Ringkas, bisa masuk ransel. 
  2. Ringan, dengan bobot mulai dari 2 kg hingga 5 kg. 
  3. Praktis, karena perlengkapan telah satu paket, mulai dari pasak, tali, rangka dan kain tendanya, berada dalam satu tas.
Saat cuaca buruk, tenda dome ukuran kecil lebih stabil dibandingkan dome ukuran besar.

3. Tenda Geodesik

Geodesic, gambar youtube.com
Tenda modern berikut nya merupakan inovasi dari tenda dome. Geodesik sendiri, memiliki arti garis terpendek antara dua titik di permukaan bumi. Ibaratkan, tenda dome merupakan permukaan bumi, yang rangkanya terdiri dari beberapa persimpangan/kutub.

Berkat rangka unik ini, tenda geodesik memiliki kestabilan terhadap cuaca buruk lebih tinggi dari pada tenda dome, sehingga jika kita berniat untuk memanjat gunung Everest, sarannya, gunakanlah tenda geodesik.

4. Quick Pitch

Quick-pitch, gambar wikimedia.org
Quick pitch merupakan tenda modern jenis terakhir yang sekarang ini lagi ngetrend di kalangan adventures. Tenda ini bentuknya agak panjang dari pada tenda dome, memiliki beberapa rangka cincin setengah lingakaran, yang menjadi topangan kain tendanya.

Ciri utama quick pitch yakni kain dan rangkanya bersatu permanen, sehingga dalam pemasangan tinggal di buka dan dipasang. Kelebihan tenda ini yakni ruangan di dalan lebih panjang, cocok untuk para petualang yang memiliki tinggi badan diatas rata-rata. Kekurangannya, tenda ini kurang cocok untuk pendakian gunung, seperti Everest.

5. Inflatable

Inflatable, gambar grough.co.uk
Inflatable atau tenda tiup merupakan tenda yang kain tendanya dapat di masuki angin atau pemasangannya harus diisi udara. Tenda modern jenis ini terbilang mahal dan memiliki bobot yang sangat berat, karena terbuat dari kain khusus yang kedap angin dan air.

Berkat udara yang terdapat antara sela kain, suhu udara di dalam tenda tetap nyaman. Tenda ini diperuntukan bagi keperluan medis atau para hikers yang ingin kenyamanan lebih.

6. Tunnel

Tunnel, gambar omearacamping.com
Tenda modern berikutnya memiliki bentuk yang unik, karena terekesan terbuka, namun baik untuk camping. Ciri utama tenda ini yakni pada bagian tengah memiliki ukuran rangka lebih tinggi daripada bagian tepi.

Tenda jenis ini cocok untuk rombongan yang ingin berkemah pada satu tempat secara bersama-sama. 

7. Vis-à-vis

Vis-à-vis, gambar youtube.com
Tenda modern berikutnya merupakan inovasi dari tenda jenis quick-pitch. Tenda ini muncul untuk memenuhi permintaan pasar yang menginginkan ruang kemah besar, mudah dibawa dan dipasang.

Tenda ini mulai populer di kalangan para traveler Prancis, karena modelnya yang memiliki dua ruang yang berbeda pada satu tenda, sehingga disebut vis-à-vis. Ruang utama digunakan untuk tidur sedangkan ruang yang lain sebagai ruang serbaguna.

8. Pod Style

Pod Living, gambar businessinsider.com
Tenda modern selanjutnya jika dilihat dari atas udara berbentuk seperti kubah-kubah kecil yang terhubung satu sama lain, disebut pod-style. Jenis ini memiliki beberapa ruang utama untuk tidur dan ruang serbaguna . Ruang serbaguna ini disebut pod (penghubung).

Tenda jenis ini dirancang untuk dua pasangan atau atau lebih. Kelebihan dari tenda ini yakni udara di dalam tenda lebih baik dibandingkan tenda-tenda keluarga yang lainnya.

9. Tenda Keluarga

Tenda Keluarga, gambar walmartimages.com
ika jumlah keluarga yang ikut berkemah lebih dari empat orang, maka pod style kurang cocok, mesti ada tenda keluarga dengan ukuran lebih besar. Biasanya tenda keluarga gabungan dari jenis quick pitch dan tunnel, bahkan beberapa diantaranya memiliki disain kompleks.

10. Tenda Berjendela

Tenda Berjendela, gambar pinterest.com
Walaupun tenda dome sangat populer di kalangan para traveller, karean fleksibilitasnya terhadap terpaan angin, beberapa tenda tradisional yang terkesan kaku pun masih populer dan digemari.

Beberapa diantara tenda tradisional tersebut berasal dari gabungan model dome dan tunnel yang menggunakan rangka setengah lingkaran pada beberapa sisi. Alhasil, tenda ini memiliki bobot lebih berat daripada dome. Ciri lainnya, tenda jenis ini biasanya memiliki jendela pada salah satu sisinya.

11. Tenda Kerucut

Tenda kerucut, gambar survival-sport.com
Ciri tenda ini yakni bentuknya seperti piramida, karena memang atapnya runcing pada bagian atas. Umumnya, tenda ini digunakan untuk promosi produk atau berjualan, namun ada juga tenda kerucut yang diperuntukan untuk camping, namun pamornya kalah oleh tenda dome.

12. The Khyam

The Khyam, gambar khyam.fr
Tenda modern berikut dikenal akan kestabilannya. The Khyam, merupakan jenis tenda yang dipopulerkan oleh perusahaan Khyam, produsen tenda terbesar beberapa dekade terakhir.

Salah satu jenis tenda khyam yang populer yakni inovasi dari quick pitch, yang memiliki dua ruang, pertama ruang semacam halaman dan ruang utama untuk tidur.

Demikian dua belas jenis tenda modern yang baik untuk traveling, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Tenda
http://www.campingandcaravanningclub.co.uk/
http://partytime-rentals.com/
http://www.tenda.biz/

No comments