Hot Info

Anime Jepang Terlaris Sepanjang Masa


Mendengar anime, mungkin pikiran kita langsung tertuju pada jepang, karena memang negara ini merupakan salah satu pionernya (pioner lainnya: Amerika Serikat dengan walt disney atau Marvel atau DC nya)

Kalau di Jepang sendiri, industri ini dimulai dari akarnya, yakni seni gambar bercerita atau istilahnya manga. Seorang artis manga bisa dari setiap kalangan, asalkan sanggup menggambar karakter dan membuat cerita. Misalnya seperti pengarang Bleach, Tite Kubo, aslinya ia adalah seorang insinyur teknik sipil, karena passion-nya di manga, maka ia pun terjun ke dunia ini.

Dan dari tahun ke tahun, selalu ada saja pengarang manga berbakat, membuat manga dengan disain karakter unik dan cerita menarik. Apabila banyak pembacanya, tidak terutup kemungkinan diangkat ke layar kaca menjadi sebuah anime.

Anime-nya sendiri bermacam-macam, ada yang sengaja di buat serial atau series (TV), ada sekali shoot atau cuma satu cerita lengkap berdurasi seperti film box ofice, ada juga yang hanya beberapa menit. Supaya lebih jelas, berikut tipe anime jepang:
  1. Anime series atau TV, merupakan anime yang tayang pada season tertentu di saluran tv Jepang sana (inget, ada 4 season: winter, summer, spring, dan fall). Biasanya jumlahnya tidak lebih dari 13 episode, dengan durasi kurang lebih 24 menitan. 
  2. Movies, merupakan anime yang terpisah dari cerita utama (anime series), dengan durasi lebih dari satu jam. Namun, tidak semua movie harus ada dulu anime series-nya. 
  3. OVA, singkatan dari Original Video Animation, yaitu episode tambahan dari suatu anime yang dipublikasikan kepada publik dalam bentuk format video, tanpa disiarkan di TV. 
  4. ONA, singkatan dari Original Net Animation, ialah anime yang dipublikasikan dengan menampilkannya di Internet, dengan cara menampilkannya secara streaming di website resmi. 
  5. OAD, singkatan dari Original Animation DVD, adalah anime yang publikasikan melalui kepingan DVD. Sehingga nantinya dikenal anime versi BD, yang artinya anime blueray disc. 
  6. Spesial, yakni sebuah episode suatu anime yang durasinya hanya beberapa menit saja, dan tidak ada sangkut pautnya sama cerita utamanya.
Nah, dari sekian banyak anime yang telah beredar di pasaran, ternyata beberapa diantaranya banyak digemari hingga keluar Jepang, termasuk Indonesia. Bahkan diantaranya ada juga yang diangkat menjadi film Box Ofice (misalnya ghost in the shell yang akan rilis pada bulan maret sekarang). Anime jepang mana sajakah yang laris manis di pasaran dunia, berikut ulasan lengkapnya:

Anime jepang Tipe Series Terlaris Sepanjang Masa:

10. Shingeki no Kyojin 

Shingeki no Kyojin, gambar pinterest.com
  • myanimelist: 8,5/10
  • imdb: 8,8/10
  • rottentomatoes:
Shingeki no Kyojin alias Attack on Titan merupakan anime jepang terpopuler saat ini dan diprediksi menjadi calon anime terpopuler sepanjang sejarah karena sampai bulan maret tahun ini saja, manganya saja telah terjual 63 juta kopi di seluruh dunia.

Dikarang oleh Hajime Isayama, dunia Shingeki berada jauh di masa depan, saat jumlah umat manusia tinggal sedikit. Pada zaman tersebut, terdapat makhluk yang suka memakan manusia, namanya Titan (para raksasa). Umat manusia yang tersisa, bertahan dengan membangun benteng pertahanan yang terdiri dari tiga lapis tembok, dengan ketinggian lebih dari 50 meter. Selain tembok, penduduk yang tersisia membentuk satuan pengamat dinding benteng atau istilahnya satpam, untuk memantau kondisi dan keamanan dinding.

Kesan pertama saat kita menonton anime  jepang ini, yakni timbulnya perasaan tegang, dan horror, karena perilaku Titan saat membantai manusia dan memakannya di perlihatkan agak gamblang. Menyebabkan, anime ini memiliki rating 17+, cocok dikonsumsi untuk usia remaja keatas. Rencananya season kedua anime ini akan rilis bulan april tahun sekarang.

9. Bleach

Bleach, gambar aliexpress.com
  • myanimelist: 7,9/10
  • imdb: 8,2/10
  • rottentomatoes:
Termasuk anime jepang paling laris sepanjang masa, buktinya manganya saja telah terjual sebanyak 87 juta kopi di negara asalnya saja. Bleach merupakan anime dengan dunia unik dan menarik ciptaan sensei Tite Kubo (Noriaki Kubo), yang pertama kali rilis pada 2001 silam.

Bleach bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat roh, dan juga Rukia Kuchiki, seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari bertemu dengan Ichigo sewaktu sedang memburu roh jahat yang disebut hollow. Pada saat Rukia bertarung melawan hollow tersebut, ia terluka dan oleh sebab itu ia tidak memiliki jalan lain selain memindahkan kekuatan shinigami-nya kepada Ichigo. Sejak saat inilah petualangan Ichigo dan Rukia dimulai.

Sayangnya, dalam pembuatan animenya terhenti sampai season 16 di episode 366 yakni saat Ichigo berhasil mengalahkan Ginjo Kugo. Ada beberapa kendala yang meng-hiatus-kan anime bleach, diantaranya terlalu cepatnya pembuatan anime, hampir bersamaan dengan rilis manganya, sehingga kala itu para pembuat anime bleach, banyak memasukan filler (cerita tambahan yang tidak ada di manga) untuk menambal waktu.

Setelah manga nya tamat pada bulan agustus tahun 2016 lalu, sedangkan animenya terhenti pada bulan maret 2012, membuat bleach terasa di lupakan. Semoga saja pihak Studio Pierrot mau melanjutkan Arc terakhir anime jepang paling laris ini.


8. Gintama

Gintama, gambar jurnalotaku.com
  • myanimelist: 9/10
  • imdb: 8,8/10
  • rottentomatoes:
Bersumber dari manga keluaran tahun 2003, karena banyak peminatnya, maka Gintama melalui Sunrise mulai ditayangkan pada bulan April 2006. Anime jepang ini cukup populer di negeri asalnya, karena dalam setiap serinya ada saja kekocakan yang ditawarkan.

Dikarang oleh Hideaki Sorachi, lambat namun pasti gintama dapat merebut hati para pecinta animasi dunia, sejajar dengan anime papan atas, seperti naruto dan one piece. Buktinya, pada 2013 silam manganya saja telah terjual lebih dari 50 juta kopi di Jepang saja.

Inti cerita, bersettingkan negeri Edo yang telah ditaklukkan oleh alien bernama Amanto , cerita mengikuti kehidupan dari sudut pandang samurai Gintoki Sakata, yang bekerja sebagai freelancer bersama teman-temannya Shinpachi Shimura dan Kagura untuk membayar sewa bulanan. Sampai saat ini, cerita manganya  belum tamat dan animenya sendiri sekarang sudah mencapai episode 325.

7. Fairy Tail

Fairy Tail, gambar sptndigital.com
  • myanimelist: 8,2/10
  • imdb: 8,2/10
  • rottentomatoes:
Anime jepang ini pernah tayang di saluran TV di tanah air, yap Fairy tail merupakan salah satu anime series terlaris berikutnya. Dikarang oleh senseiHiro Mashima, yang sebelumnya pernah sukses membuat anime Rave.

Sebagai anime berjenis fantasi-petualangan, Fairy Tail mampu membawa para penonton terbawa hanyut dalam dunia fiktif ciptaan Hiro. Pertama kali terbit telah ada sekitar 277 episode dibuat, sedangkan manganya sendiri masih belum tamat.

Inti cerita, mengisahkan seorang penyihir muda, Lucy Heartfilia, berkelana di negeri Fiore untuk menyambung hidup. Singkat kata, ia bertemu dengan Natsu, yang tiada lain anggota Guild Fairy Tail, nah dari sinilah petualangan Lucy dan Natsu dimulai.

6. Doraemon

Doraemon, gambar fourlook.com
  • myanimelist: 7,5/10
  • imdb: 7,8/10
  • rottentomatoes:
Anime jepang satu ini tergolong veteran, karena pertama kali rilis pada bulan desember 1969 (penulis pun belum lahir ^^). Walaupun begitu, Doraemon masih eksis dan digemari oleh sebagian besar anak-anak dunia. Bahkan, masih diputar di saluran TV Nusantara.

Diciptakan oleh duo mangaka kala itu, Fujimoto Hiroshi dan Abiko Motoo, yang dikenal dengan nama alias, Fujiko Fujio. Ide awal terciptanya doraemon, karena pada saat itu negara Jepang yang telah menderita kekalahan perang dunia, masyarakat membutuhkan hiburan untuk terlepas dari kesedihan, makanya diciptakan cerita bergambar lucu, dengan karakter utamanya seekor kucing. 

Kisah doraemon sendiri cukup ringan dan inspiratif, menceritakan kehidupan seorang anak SD pemalas (Nobita) yang didatangi oleh robot kucing (Doraemon) dari abad ke-22, yang dikirim oleh cucu Nobita, untuk mencegah terlilitnya hutang di masa depan kelak akibat perilaku malas. 

5. Fullmetal Alchemist

Fullmetal Alchemist, gambar pinterest.com
  • myanimelist: 8,3/10
  • imdb: 9,1/10
  • rottentomatoes:
Fullmetal Alchemist merupakan sebuah anime jepang yang diadaptasi dari manga karya Hiromu Arakawa, yang terbit 2001 silam. Animenya sendiri terdiri dari dua tahap, pertama terdiri dari 51 episoede, rilis pada bulan oktober 2003 dan tahap kedua berjumlah 64 episode, rilis pada bulan april 2009 (Fullmetal Alchemist: Brotherhood).

Plot cerita, mengambil dunia fiktif, era perang dunia. Di jaman ini perkembangan ilmu kimia mengalami kemajuan pesat dan mempunyai posisi lebih tinggi/dihargai. Namun, segolongan orang memanfaatkan kemajuan ilmu ini, dicampur dengan sihir, untuk memperoleh kehidupan abadi. Kisah selengkapnya, bisa searching di internet yah hehe.

4. Rurouni Kenshin (Samurai X)

Rurouni Kenshin, gambar pinterest.com
  • myanimelist: 8,4/10
  • imdb: 8,6/10
  • rottentomatoes:
Anime jepang selanjutnya ada Rurouni Kenshin atau sering disebut samurai X. Anime ini tergolong jepang banget, karena ceritanya mengangkat kehidupan seorang mantan samurai yang hidup pada jaman pertengahan, saat jepang bertransformasi dari negara tertutup menjadi negara terbuka, atau pada era meiji. Pada era meiji, semua atribut samurai, termasuk pedang, dilarang dimiliki dan digunakan.

Anime ini berasal dari manga karangan Nobuhiro Watsuki, yang diterbitkan Shueisha pada rentan waktu 1994-1999. Dari 28 volume manga, seluruhnya telah dibuat anime dengan total 95 episode. Untuk mengobati rasa kangen para fans, Nobuhiro membuat dua volume manga kenshin pada 2012 dengan judul Rurouni Kenshin: Restoration dan satu volume pada 2014 berjudul  Rurouni Kenshin: To Rule Flame.

3. Naruto

Naruto, gambar nacookie.net
  • myanimelist: 7,8/10
  • imdb: 8,5/10
  • rottentomatoes:
Dari namanya, mungkin setiap orang kenal, karena memang anime ini sangat laris manis di tanah air. Naruto merupakan anime jepang yang diadaptasi dari manga berjudul sama, karangan sensei Masashi Kishimoto. Cerita utamanya sendiri telah tamat pada tahun lalu, dan menyisakan cerita tambahan.

Anime jepang ini sangat layak untuk di tonton oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Inti cerita berpusat pada tokoh utamanya, yakni Naruto yang harus hidup seorang diri tanpa orang tua. Sedikit nakal memang, namun kenakalan naruto teralihkan menjadi hal positif saat ia menemukan tujuan hidupnya, yakni menjadi seorang Hokage (pemimpin desa Konoha-gakure).

Selain memiliki pesan moral, daya tarik anime jepang ini terletak dari seni pertarungan ala ninjanya, dari martial-art ringan, hingga jurus-jurus pamungkas, seperti rasengan dan susano’o yang dapat membuat penonton kagum.

2. Dragon Ball Series

Dragon Ball Series, gambar anime.es
  • myanimelist: 8,2/10
  • imdb: 8,6/10
  • rottentomatoes: -
Berasal dari manga terlaris sepanjang masa (240 juta kopi di seluruh dunia), dragon ball hadir memenuhi harapan setiap para penggemarnya. Animenya dibuat dua tahun berselang dari peluncuran manganya, yakni pada tahun 1986.

Terdapat 42 volume manga, semua telah di buat versi animenya dan berakhir pada seri Dragon Ball GT pada tahun 1997. Untuk memenuhi rasa kangen para fans, maka Akira Toriyama menulis cerita kelanjutannnya, yang berjudul Dragon Ball Super, yang telah tayang pada 2015 hingga sekarang.

Akira Toriyama memaparkan, ide awal pembuatan dragon ball terinspirasi dari cerita novel rakyat dari cina, yang berjudul “Journey to the west”. Walaupun ceritanya utamanya sederhana, yakni dengan mengumpulkan bola-bola naga, bisa mengabulkan segala permintaan, tapi Akira yakin, dengan menambah unsur pertarungan ala kung-fu  dan komedi, manga buatannya dapat menggebrak dunia animasi.

1. One Piece

One Piece, gambar akibanation.com
  • myanimelist: 8,6/10
  • imdb: 8,7/10
  • rottentomatoes: -
Siapa yang tidak mengenal One Piece? Anime jepang berjenis action, petualangan bercampur komedi ini sangat digemari oleh setiap pecinta film animasi. Anime series ini juga termasuk anime dengan episode terbanyak, saat artikel ini di ditulis, episodenya sudah mencapai 779, dan masih akan terus bertambah.

Anime keluaran tahun 1999 ini berdasarkan manga yang dibuat oleh Eiichiro Oda yang terbit lebih dulu pada 1997. Yang menjadikan One Piece digemari dan bertahan selama 18 tahun, yakni Oda selalu membuat kejutan dengan memunculkan karakter yang unik, kuat dan lucu dalam setiap babak baru. Ditambah atmosfer komedi dalam setiap aksi pertarungannya.

Secara garis besar, anime jepang ini menceritakan perjalanan kru bajak laut topi jerami, dimana tokoh sentralnya, Luff, mempunyai mimpi untuk menjadi seorang raja bajak laut (memang sedikit kekanak-kanakan)…namun upaya yang ia lakukan, mulai dari mengumpulkan teman-teman (kru), hingga singgah di beberapa kerajaan, memunculkan sedikit demi sedikit tabir rahasia dunia One Piece.


Anime jepang Tipe Movies Terlaris Sepanjang Masa:

10. Howl’s Moving Castle

Howl’s Moving Castle, gambar greekdad.com
  • myanimelist:8,7/10
  • imdb: 8,2/10
  • rottentomatoes: 87%
Howl's Moving Castle alias Hauru no ugoku shiro merupakan sebuah anime jepang berjenis fantasi, terbit pada tahun 2004, yang ditulis dan disutradari oleh Hayao Miyazaki.

Anime ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya penulis asal Inggris, Diana Wynne Jones. Anime ini diproduksi oleh Toshio Suzuki, dengan animasinya oleh Studio Ghibli dan didistribusi oleh Toho.

Anime jepang ini terbilang sukses, di dalam negerinya saja, omsetnya sekitar 190 juta dollar, dan di seluruh dunia, mencapai 235 juta dollar. Tak heran, film ini masuk nominasi Academy Award untuk best animated feature pada penghargaan AA ke-78 tahun 2006.

9. The Tale of the Princess Kaguya

The Tale of the Princess Kaguya, gambar listekitap.com
  • myanimelist: 8,4/10
  • imdb: 8,1/10
  • rottentomatoes: 100%
The Tale of the Princess Kaguya alias Kaguya-hime no Monogatari merupakan anime  jeapang berjenis drama-fantasi yang dirilis pada 2013 oleh rumah produksi Ghibli. Di buat dan disutradarai oleh Isao Takahata. Film ini juga adalah karya kelima takahata untuk studio Ghibli.

Anime jepang ini berdasarkan cerita rakyat tentang kisah pemotong bambu. Seorang pemotong bambu yang bernama Sanuki no Miyatsuko menemukan seorang gadis kecil di dalam sebuah bambu. Dipercaya olehnya sebagai pemberian ilahi, Miyatsuko dan istrinya memutuskan untuk membesarkan gadis kecil tersebut sebagai anak mereka sendiri dan menyebutnya "Putri".

8. 5 Centimeters per second

5 Centimeters per second, gambar the-dailyjapan.com
  • myanimelist: 8,1/10
  • imdb: 7,8/10
  • rottentomatoes:-
5 Centimeters Per Second alias Byōsoku Go Senchimētoru merupakan sebuah anime movie keluaran tahun 2007 yang digarap semuanya oleh Makoto Shinkai, mulai dari ide cerita, naskah hingga sutradara.

Terdapat tiga bagian, yakni Okasho, Cosmonaut dan Byōsoku 5 Senchimētoru, total durasi sekitar 60menit. Ditayangkan sebagai tayangan perdana di Cinema Rise di Shibuya, Tokyo pada tanggal 3 Maret 2007.

Perlu diketahui, anime jepang ini merupakan salah satu film drama yang dibuat versi novel dan manga setelahnya (biasanya anime terinspirasi dari manga). Plot cerita, berlatarkan negeri Jepang era 90an hingga 2000, dimana kala itu berkirim pesan masih menggunakan surat menyurat, telepon dan emai masih belum digunakan secara luas.

7. Children Who Chase Lost Voices

Children Who Chase Lost Voices, gambar figurex.net
  • myanimelist: 7,8/10
  • imdb: 7,3/10
  • rottentomatoes: -
Sepulang dari liburannya di London, Makoto Shinkai mulai mengerjakan proyek barunya dan pada desember 2009, ia memperlihatkan konsep awal gambaran dari  Children Who Chase Lost Voices.

Seperti ingin mengulang pencapaiannya sebelumnya, Makoto mulai menggandeng Takayo Nishimura sebagai perancang karakter, Takumi Tanji bagian art, dan Makoto sendiri sebagai sutradara.

Satu bulan sebelum anime nya terbit, Children Who Chase Lost Voices mendapat adaptasi manga oleh sejumlah majalah, seperti monthly comic gene dan monthly comic flapper.

Secara garis besar film ini bercerita tentang petualangan seorang anak bernama Asuna di sebuah negeri bernama Agartha. Asuna adalah seorang anak perempuan yang diasuh oleh ibu yang bekerja sebagai seorang perawat. Saat sendiri, Asuna sering mendengarkan musik misterius yang dari kucing yang lewat di depanya.Dari sinilah dimulailah petualangan Asuna untuk mencari asal usul musik tersebut.

6. Ghost in The Shell 1995

Ghost in The Shell 1995, gambar thatfilmguy.net
  • myanimelist: 8,3/10
  • imdb: 8/10
  • rottentomatoes: 95%
Ghost in the shell (GITS) alias Kōkaku Kidōtai Gōsuto In Za Sheru, merupakan anime jeapng berjenis sci-fi, dengan latar waktu dunia masa depan. Film ini diadaptasi dari manga karangan Masamune Shirow dan di sutradarai oleh Mamoru Oshii.

Diluncurkan pada tahun 1995, anime berjenis movie ini langsung mendapat hati para penikmat film jepang dan dunia, buktinya GITS adalah anime jepang pertama yang menembus Billboard saat pertama kali di rilis.

Menariknya, beberapa konsep pertarungan di GITS mempengaruhi beberapa kreator film Box Ofice di kemudian hari, Misalnya The Wachowskis, si pembuat film Matrix.

5. Princess Mononoke

Princess Mononoke, gambar entropymag.org
  • myanimelist: 8,8/10
  • imdb: 8,4/10
  • rottentomatoes: 92%
Princess Mononoke merupakan anime movie fantasi-budaya yang dibuat pada tahun 1997 yang ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli. Film ini menghasilkan pendapat kotor sebesar 160 juta dollar.

Plot cerita, mengisahkan seorang pangeran bernama Ashitaka yang berasal dari suku Emisi. Ashitaka terkena kutukan dari siluman, beranama Nago di desa asalnya. Untuk melepaskan kutukan ini, Ashitaka harus melakukan perjalanan ke suatu tempat di barat.

4. The Wind Rises

The Wind Rises, gambar alphacoders.com
  • myanimelist: 8,2/10
  • imdb: 7,8/10
  • rottentomatoes: 88%
Lagi-lagi karangan Hayao Miyazaki menggebrak dunia animasi, kali ini ia membuat anime movie berjudul The Wind Rises atau Kaze Tachinu. Anime berjenis drama-historical ini ditulis dan disutradarai langsung oleh Hayao.

Plot cerita, mengisahkan sepang terjang seorang Jiro Horikoshi (karakter fiktif), ia seorang insinyur pesawat terbang dari perusahaan Mitsubishi, dan perancang pesawat Mitsubishi A6M Zero, yang akan digunakan pemerintah Jepang selama perang dunia II berlangsung.

Walaupun bersumber dari manga karangan Hayao sendiri, namun sebagian cerita disadur dari cerita pendek Tatsuo Hori. Anime jepang ini merupakan karya terakhir Hayao sebelum ia benar-benar pensiun dari dunia animasi.

3. Grave of Fireflies

grave of the fireflies, gambar fanart.tv
  • myanimelist: 8,6/10
  • imdb: 8,5/10
  • rottentomatoes: 97%
Dibuat berdasarkan kisah nyata, dari kisah hidup Akiyuki Nosaka, Grave of the Fireflies alias Hotaru no haka adalah salah satu anime klasik terbaik, dibuat pada 1988. Walaupun hanya tokoh utamanya saja yang bisa bergerak, karakter lainnya diam seperti lukisan. Anime jepang ini layak untuk jadi bahan tontonan, khususnya bagi yang menyukai kisah melow.

Latar waktu film ini adalah kondisi jepang saat penghunjung perang dunia ke-II, ketika Amerika menyerang negara ini. Menceritakan tentang seorang gadis kecil dan kakaknya yang harus bertahan hidup setelah kedua orang tuanya hilang entah kemana. 

Daya tarik film ini yakni, terbawanya emosi penonton saat melihat dua saudara ini saling mempertahankan diri, dan akhirnya harus menyerah terhadap takdir.

2. Your Name

Kimi no Na wa, gambar forbes.com
  • myanimelist: 9,3/10
  • imdb: 8,7/10
  • rottentomatoes: 97%
Your Name alias Kimi no Na wa merupakan anime jepang keluaran tahun 2016, yang masih hangat dibicarakan, karena sukses merebut banyak perhatian kaum remaja di seluruh dunia, berkat ceritanya yang unik dan bikin baper.

Lagi-lagi nama seorang penulis besar di balik suksesnya film ini, yap, Makoto Shinkai, ia adalah seorang novelis sekaligus sutradara film your name. Sebelumnya, ia sukses dengan beberapa karya animasi, seperti dua anime yang telah kita bahas sebelumnya diatas.

Your name berjenis film fantasi-remaja, bercerita tentang dua orang siswa yang mengalami pengalaman mimpi yang aneh. Ternyata, dua siswa ini terhubunng satu sama lain, dan bertukar tubuh untuk sesaat. Dari sinilah dimulai cerita menariknya, untuk bagaimana cara mereka bertemu.

1. Spirited Away 

Spirited Away, gambar pinterest.com
  • myanimelist: 8,9/10
  • imdb: 8,6/10
  • rottentomatoes: 97%
Terakhir, karya Hayao Miyazaki yang paling laris manis dan banyak menerima penghargaan, yakni Spirited Away alias Sen to Chihiro no Kamikakushi. Anime jepang ini bertipe movie yang dibuat pada tahun 2001 silam yang di produksi Ghibli.

Pada penayangan perdananya, spirited away menarik penonton sebanyak sekitar 23 juta dan meraup pendapatan sebesar 30 miliar yen atau 289 juta dollar, menjadikannya tontonan dengan keuntungan terbanyak di Jepang, mengalahkan film Titanic.

Spirited away juga memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2002 dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut.

Demikianlah, sepuluh anime jepang berjenis series dan sepuluh anime jepang berjenis movies paling laris sepanjang masa, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://id.wikipedia.org

No comments