Hot Info

Memulai Startup Anda Sendiri


Perkembangan startup saat di Indonesia saat ini bisa dibilang cukup baik, jika kita lihat di stratup rangking ada 1,595 startup bisnis yang exist di Indonesia saat ini, pada urutun pertama ada Tokopedia.com kemudian Bukalapak.com dan Blibli.com. Top tiga besar masih dikuasi oleh startup e-commerce walau startup di bidang transportasi dan jasa juga tidak kalah luar biasanya dalam perolehan valuasi. Dengan populasi penduduk yang lebih dari 250 juta lebih penduduk dengan usia produkif tentunya hal tersebut merupakan pangsa pasar yang sangat besar, dengan kalkulasi jumlah pelaku startup dan jumlah penduduk, kita rasa tanpa berebutan pun masing-masing startup masih memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

Langkah 1, Ide Startup

Dengan angka 1,595 startup yang exist di Indonesia, tentunya masih sangat terbuka peluang bagi para developer pemula dan menengah untuk  ikut andil berkiprah dalam dunia startup Indonesia, untuk memulai sebuah startup tentunya yang diperlukan bukan model yang sangat besar, tapi apa yang ingin kita buat ?, di sini ide dan kreativitas kita di uji untuk mampu meliat pergerakan gairah ekonomi masyarakat kita, apa permasalahan mendasar di masyarakat kita yang dapat kita angkat untuk menjadi sebuah ide dan mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut.

10 besar startup Indonesia by Startup Ranking
No
Startup
Diskripsi
1.
Tokopedia
Jual Beli Online Aman dan Nyaman
2.
Bukalapak
Situs Jual Beli Online
3.
Blibli
AppReal Double Deals Dekstop - Online retailer, Anywhere, Anytime Shopping
4.
Traveloka
Tiket Pesat Murah
5.
Blanja
Situs Belanja Online Murah, Aman, Terpercaya - Toko online shopping / store terpercaya lengkap
6.
Zalora
Situs Jual Beli Online Aneka Fashion
7.
Bolalob
Bolalob - Futsal - Football - FUNatik. Suka futsal tapi bingung mau kemana ? Suka bola tapi bosen sama yang itu itu aja ? Di sini aja bareng kami, untuk kamu kamu penggila bola !
8.
Elevenia
Situs Jual Beli Online
9.
Alodokter
Alodokter.com plans to be the number 1 healthcare website in Indonesia. We aim to bring medical knowledge to Indonesian public by providing easily accessible content in Bahasa Indonesia and by developing an online healthcare community.
10.
Bitcoint Indonesia
Bitcoin.co.id is the Biggest Indonesia Bitcoin Exchange that act as backbone for the entire finance ecosystem in Indonesia that implementing cryptocurrency's technology in payment system and remittance business.

Walau sebenarnya membangun startup tidak bisa dibilang mudah, yang terpenting di awal adalah ada ide yang bisa di kembangkan untuk membangun startup tersebut, karena ide awal merupakan tolak ukur prospek binisnya dan mengukur seberapa besar permodalan dan kendala yang akan di hadapi kedepannya. Bahkan dari sebuah ide saja terkadang sudah bisa menjadi modal awal untuk melangkah pada tahap selanjutnya.   

Langkah 2, Membuat Tim Kerja

        Tim kerja, jika kita merasa mampu untuk membangun startup tersebut sendiri Why Not ?, tapi saat kta menginginkan target pencapain kerja yang telah kita schedulekan tentunya akan terasa berat jika kita pikul semua sendiri, di sini kita perlu membentuk tim kerja kecil dengan sumber daya yang tepat dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Di sini sangat penting karena tim kecil dengan kemampuan sesuai keahlian akan sangat membantu pencapaian target kerja tersebut, perancangan dan membangun planing kerja bisa lebih terukur dengan adanya tim ini.

Sebagai gambaran tim kecil ini bisa berisikan sumber daya ahli di bidang :
1.   Disainer
2.   Programing
3.   Marketing
4.   Analis
5.   Operasional

Tim kecil ini yang nantinya akan menyusun dan merancang bentuk serta system dari startup itu sendiri, strategi awal pembangunan dan pengembangannya juga harus di ukur dan di programkan sehingga semua persiapan yang telah di planingkan dapat tercapai dengan baik.

Tahap 3, Membangun dan Mengembangkan Startup

        Pada tahapan ini startup mulai di bangun, biaya dalam proses pembangunan startup sebenarnya relatif tergantung dari sasaran pangsa pasar startup dan ruang lingkup startup itu sendiri. Jika kita melihat startup-startup yang sudah ada mungkin kita akan tercengang dengan nominal biaya yang telah dikeluarkan oleh sebuah startup, bahkan ada beberapa startup yang mendapatkan pemodalan kelas A dengan jumlah pemodalan yang cukup fantastis. Sebagai langkah awal sebaiknya jangan pernah berorientasi ke arah tersebut, tetapi lebih pada do it !!!.

        Mulailah secara perlahan mulai mengembangkan startup kamu sampai mendapatkan capaian-capaian yang sudah kamu targetkan, bukan menghalangi untuk menjadi startup bisnis dengan waktu sesingkat mungkin tapi kita perlu melakukan kajian-kajian mendalam terhadap kendala-kendala awal yang dihadapi dan sesegera mungkin untuk mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. Bergabung dengan forum startup Indonesia bisa menjadi pilihan tepat untuk bisa mendapatkan gambaran tantangan kedepan dan mendapatkan referensi-referensi dalam mengembangkan startup yang telah anda bangun.

        Saat anda mulai mampu mengendalikan arah dari startup anda dan mulai mengusai situasi dan kondisi pangsa pasar anda di situ kemungkinan-kemungkinan besar akan terjadi, mulai dari para investor yang tertarik dengan konsep startup anda sampai anda akan mendapatkan peluang besar dalam pangsa pasar anda sendiri, walau sebenarnya penulis sendiri belum pernah sampai pada tahapan ini tetapi kemungkinan tersebut selalu ada.

        Tahapan-tahapan selanjutnya tergantung diri anda sendiri.  

No comments