Hot Info

10 Lokasi Film Lord of The Rings Di Kehidupan Nyata


Berbicara film LOTR dan The Hobbit memang tidak akan habis-habisnya. Mulai dari segi cerita yang seru, karakter pemain yang mendalam, hingga lokasi film Lord of The Rings yang membuat mata para penonton terpesona melihatnya.

Namun tahukah sob, dari sekian setting  lokasi film tersebut, ternyata terdapat di dalam dunia nyata kita lo. Kesamaan itu bukan karena kebetulan semata, namun disebabkan beberapa hal, mulai dari inspirasi eyang Tolkien (Pengarang Novel-nya), hingga inspirasi om Peter Jackson dalam meracik film ini ke layar kaca.

Berikut sepuluh lokasi film Lord of The Rings yang ada dalam kehidupan nyata kita. Enjoy Read!!


10. The Hobbiton (Hinuera Valley, Matamata, Waikato, New Zealand)

The Hobbiton, gambar gonewalkaboutdotnet.wordpress.com
Semua penonton pastinya setuju, kesan pertama melihat film lord of the rings yakni indahnya kampung halaman Frodo dkk, The Hobbiton. Hoobiton merupakan sebuah wilayah yang dihuni oleh manusia bertubuh kecil dan berkaki besar yang disebut hobbit.

Lokasi film LOTR ini ternyata dibuat senyata mungkin dengan mengambil daerah syuting di lembah Hinuera, kawasan perkebunan milik keluarga di Waikato, Selandia baru. Tempat ini disulap oleh kru peter jackson untuk dijadikan sebagian kawasan The Hobbiton yang disebut Shire, dimana Baggins dan keponakannya Frodo tinggal.

Setelah syuting selesai, lokasi film ini masih tetap dipertahankan dan diurus dengan maksimal karena telah menjadi salah satu destinasi wisata favorite wilayah Waikato.

9. Minas Tirith & Minar Ithil  (St Mount Michele_Prancis  &  St Michaels Mount_Inggris)

Mont_St_Michel_Prancis (atas) dan St Michaels Mount _Inggris (bawah),  gambar wikimedia.org
Saat Gandalf mencari informasi tentang ciri-ciri cincin sakti Sauron, kota para raja ini sempat diperlihatkan sekilas, namun penonton masih belum merasa takjub, barulah pada episode ke tiga, saat Gandalf membawa Pipin ke kota ini untuk membuktikan ramalannya tentang Pohon putih yang terbakar, barulah kita melihat secara keseluruhan detail minas tirith atau menara matahari yang bikin mata terpesona. Selain itu, penonton juga dibuat kagum saat frodo dkk mencari jalan ke Mordor, yakni saat mereka menaiki tangga rahasia, mereka mengendap di sekitar minas ithil.

Ternyata kedua kota yang ada di film LOTR tersebut terinspirasi dari dua buah gereja yang bernama Saint Mount Michele di Prancis dan Saint Michaels Mount di Inggris. Kedua tempat ini pun jaraknya hampir sama seperti di novel dan filmnya. Disain minas Tirith yang memiliki jalan melingkar dan bentuknya yang setengah lingkaran pun terilhami dari gereja di Prancis tersebut.

8. River Anduin, Argonath (Sungai Kawaru Di Earnslaw Burn, Glenorchy, Otago, New Zealand)

Sungai Anduin, gambar deviantart.net
Sungai Anduin merupakan sungai besar yang membelah daratan Middle earth. Sungai in juga menjadi perbatasan tiga kekuasan besar, Elf yang dipimpin Galadriel di Lorien (sebelah barat laut), Gondor di sebelah barat dan Mordor di sebelah timur.   

Di dunia nyata, lokasi film ini mengambil setting di sungai kawaru di Eranslaw burn, Otago, Selandia baru. Tempat ini memiliki keliaran alam yang memukau, aliran yang deras, formasi batuan yang unik dan aliran air yang berkelok.

7. Dead Marshes (Kepler Mire, Te Anau)

Dead Marshes, gambar panoramio.com
Masih ingatkah saat Frodo, Sam dan Smeagol mencari jalan ke Mordor? Mereka melalui rawa nan luas, yang dulu pernah menjadi ajang peperangan besar antara pasukan persekutuan terakhir melawan pasukan Sauron, Dagorlad BattleField?? Yap wilayah itu sekarang disebut Dead Marshes, yakni kuburan masal yang didalamnya terdapat ribuan mayat manusia, elf, dwarf, dan orc yang terawetkan.

Ternyata lokasi film Dead Marshes mengambil wilayah di Kepler Mire, Te Anau. Wilayah ini merupakan lahan basah terbesar di Selandia baru, sekitar 900 hektar. Disekelilingnya ada pegunungan yang berbaris memanjang.

6. Mordor (Mount Ruapehu/ Ngauruhoe, Tongariro National Park, Central Plateau  New Zealand)

Mount doom, gambar wikimedia.org
Di dalam film LOTR, Mordor merupakan kawasan luas disebelah timur kerajaan Gondor, yang dikuasai Sauron. Di sana Sauron membangun benteng pertahanan utamanya, berupa Black gate dan menara “One Eye”. Di Mordor juga terdapat gunung Mount Doom, tempat cincin utama di tempa.

Di dunia nyata, lokasi film yang persis mendekati Mordor yakni Taman Nasional Tongariro yang letaknya di Pulau utara. Wilayah ini memiliki gunung yang persis seperti Mount Doom, yakni Gunung Ngauruhoe. Bentuknya yang lancip dan suram sangat mirip dengan Mount Doom.

5. Dimholt, Path Of The Death (Putangirua Pinnacles, New Zealand)

The Pinnacles_Dimholt_Path of the death, gambar pinterest.com
Sehari sebelum Theoden dan pasukannya menuju Minas Tirith, Aragon atas petunjuk dari Elrond, harus menempuh rute berbeda yakni ke Dimholt untuk mengumpulkan prajurit yang dulu pernah bersumpah setia pada raja Gondor sebelumnya. Dimholt merupakan jalan sempit yang disisi kiri kanan nya merupakan pegunungan terjal berwarna putih gelap.

Ternyata gambaran pemandangan Dimholt ini tidak perlu memakai CG atau tipuan, karena lokasi film tersebut nyata ada di dunia nyata, yakni di Putangirua, Pinnacles, Selandia baru. Wilayah ini ada karena proses erosi selama ratusan tahun, sehingga struktur batuan yang mudah larut akan terkikis dan menyisakan batuan keras menjulang di atasnya.

4. Entrance Rivendell (Kaitoke Regional Park Di Welington, New Zealand)

Entrance Rivendell, gambar pinterest.com
Saat Frodo tertebas pedang Nazgul, ia dibawa Arwen untuk diobati Elrond di Rivendell. Rivendell digambarkan sebagai salah satu kota indah bangsa Elf yang masih tersisa di middle earth yang letaknya di barat latu minas tirith atau sebelah timur dari Hobbiton.

Lokasi film yang tepat untuk Rivendell jatuh pada taman nasional Kaitoke di Welington, Tepatnya 8 mil dari kota Upper Hutt. Di sini terdapat gerbang masuk Rivendell yang sengaja dibangun sebagai properti film. Selain itu, aliran sungai silverlode dan perahu angsa di filmkan juga di lokasi ini.

3. Rohan (Rock And Pillar Range, Otago, New Zealand)

Rock and Pillar Range_Rohan, gambar wikimedia.org
Ketika Pipin dan Mery ditangkap oleh kawanan Uruk hai, Aragon, Legolas dan Gimli segera mengejar kawanan tersebut siang malam tanpa henti. Akhirnya, mereka tiba di sebuah wilayah berumput nan luas yang dimiliki kerajaan Rohan. Letaknya di utara kerajaan gondor, dipisahkan oleh deretan pegunungan Mindolluin.

Wilayah rohan ini digambarkan sangat luas dan hampir menyamai luas wilayah kerajaan Gondor. Memiliki ciri, berumput, berbukit landai, sungai kecil, dan batuan karang yang menyembul keatas tanah. Lokasi film yang cocok untuk menggambarkan landscape Rohan ternyata ada di dunia nyata, yakni di Rock and Pillar Range, di Otago, Selandia Baru.

2. Helm’s Deep (Dry Creek Quarry, Wellington)

Helms Deep, gambar tolkien-movies.com
Kemampuan sauron untuk menghasut ambisi saruman menguasai middle earth terbukti dengan dilepaskannya 10 ribu pasukan Uruk hai dari Orthanc menuju Helm’s Deep, benteng terakhir bangsa Rohan.

Cuplikan peperangan di Helm’s Deep sangatlah apik dan mendebarkan, karena bangsa rohan harus melawan pasukan tersebut hanya dengan jumlah ratusan prajurit, dan itu sangatlah tidak mungkin untuk memenangkan pertempuran tersebut.

Lokasi film Helm deep sendiri terletak di The Dry Creek Quarry  sekitar  Hayward’s Hill Road, Wellington. Di bukit Hayward tersebut dibangunlah replilka benteng Helm’s Deep dengan detail, meliputi dinding benteng dan patung-patung. Sekarang benteng tersebut telah di bongkar setelah beberapa minggu syuting selesai.

1. Edoras  (Bukit Di Canterbury, New Zealand)

Mount Sunday, gambar flickr.com
Salah satu kota penting bangsa manusia di film LOTR yakni Edoras. Edoras merupakan ibu kota dari kerajaan Rohan, bangsa penunggang kuda. Kala itu, Rohan di pimpin oleh Raja Theoden yang sedang dimantrai oleh Penyihir putih, Saruman.

Di dunia nyata, Edoras dibangun diatas bukit Mount Sunday, yang letaknya di tengah-tengah Taman nasional Hakatere, di Pulau Selatan Selandia Baru. Lokasi film ini aslinya berupa bukit landai yang dikelilingi ladang rumput luas, perbukitan, hutan beechdan sungai-sungai dangkal yang amat jernih.
Pembangunan Edoras, gambar berbagai sumber
Butuh waktu sembilan bulan, para kru Jackson membangun Edoras di atas Mount Sunday, namun hasilnya, lokasi film syuting ini menghasilkan adegan demi adegan yang memukau mata. Saat ini tidak ada bangunan yang tersisa di atas bukit ini, tapi lokasinya sendiri masih menyimpan daya magis tersendiri.

Sekian sepuluh lokasi film lord of the rings yang benar-benar ada di kehidupan nyata kita, semoga informasi kali ini menambah khazanah wawasan kita semua.

Referensi:
http://www.businessinsider.com
http://virtualglobetrotting.com
http://www.wikimedia.org
dll...

No comments