Hot Info

13 Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya, Dijamin Berhasil!

Kenapa blog saya sepi pengunjung?. Mungkin itu pertanyaan yang sedang kamu pikiran jika blog milikmu sepi dari kunjungan pengguna internet.

Lalu apa sih sebenarnya, faktor yang menyebabkan blog milikmu itu bisa sepi pengunjungnya?

penyebab blog sepi pengunjung dan cara mengatasinya


Nah untuk menjawab permasalahan yang sedang kamu alami tersebut, kali ini saya selaku admin dari Peringkatblogger.com sudah merangkum beberapa faktor penyebab blog menjadi sepi pengunjung.

Dan tak lupa, saya juga akan memberikan tips dan trik cara mengatasi blog yang sepi pengunjung.

Berikut ini dia penyebab dan caranya :

1. Blog masih baru

Apabila kamu baru saja membuat sebuah blog dan berharap blog kamu itu langsung saja banyak pengunjungnya maka saran saya hanya satu, silahkan saja kamu bangun dari mimpi indahmu tersebut.

Perlu kamu perhatikan baik-baik dan ingatlah, untuk membuat sebuah blog dengan traffik pengunjung tinggi, dibutuhkan kerja keras dan usaha yang bertahap alias tidak ada yang instan.

2. Memilih tema/nice blog kurang  populer

Memilih tema atau nice blog yang kurang populer bisa mengakibatkan blog kamu sepi pengunjung, kenapa?.

Karena nice yang dipakai pada blog kamu itu bukanlah informasi yang dicari oleh banyak pengguna internet alias sedikit peminatnya, jadi otomatis traffik blog kamu tidak akan seramai blog yang bertema topik terpopuler.

3. Kalah bersaing dengan blog atau website lain

Jika kamu memilih tema/nice blog yang terlalu populer, juga dapat membuat blog kamu menjadi sepi penggunjung dikarenakan blogmu kalah bersaing dengan blog atau website lain yang juga menggunakan tema/nice serupa dengan blogmu.

4. Kurang menguasai topik/nice yang dibahas

Seaindainya kamu kurang menguasai topik/nice yang dibahas di blogmu dan kamu tetap memaksakan diri untuk tetap menggunakannya, tentu hal tersebut membuat blog dan konten kamu kurang berkualitas, karena konten-konten di blogmu dibuat bukan dari hasil pemikiranmu sendiri atau dari pengalaman pribadi.

Dan jalan terakhir yang kemungkinan besar kamu pilih yaitu membuat konten dengan cara menulis ulang hasil membaca dari blog /website lain, atau malahan kamu nekat melakukan copy paste?.

5. Artikel atau konten tidak menarik, tak berisi dan kurang informatif

Ada istilah dikalangan para blogger yang mengatakan bahwa konten adalah raja, semakin bagus konten disebuah blog atau website maka secara otomatis membuat nama blog atau website tersebut semakin baik dan profesional.

Konten yang bagus itulah yang sangat ampuh untuk menarik banyak pengguna internet untuk menggunjungi sebuah blog atau website.

Begitupula sebalinknya, jika disebuah blog atau website memiliki konten yang tidak menarik, tak berisi dan kurang informatif tentu membuat blog tersebut tidak akan ada yang mau mengunjunginya.

6. Blog jarang di update dan konten masih sedikit

Jangan berharap blog kamu banyak pengunjungnya jika kamu saja malas untuk mengupdate blog kamu.

Kenapa harus seperti itu, tentu saja apabila kamu tidak rajin memperbarui blog dengan menerbitkan artikel atau postingan baru, maka isi atau konten blog kamu hanya itu-itu saja.

Dan kembali ke poin sebelumnya, bahwa konten adalah raja, jadi dengan konten bagus dan informatif serta jumlahnya harus memadai, menjadikan sebuah blog dapat menarik banyak pengguna internet untuk mengunjungi blog tersebut.

7. Konten blogmu hasil dari Copy Paste

Mungkin kamu berpikir jika blogmu akan banyak penggunjungnya apabila memiliki banyak konten, jadi kamu punya target untuk posting sehari sekali ataupun lebih.

Tapi untuk memenuhi target tersebut kamu merasa kewalahan untuk membuat konten originalmu sendiri sehinga kamu memutuskan untuk copy paste/menjiplak tulisan atau artikel orang lain.

Perlu kamu ketahui bahwa perilaku seperti itu merupakan kesalahan fatal.

Kenapa saya bilang fatal?, alasannya adalah  perilaku tersebut membuat blogmu menjadi buruk penilaiannya menurut penggunjung apabila mereka menyadari konten di blogmu sama persis dengan blog atau website lain dan hal tersebut membuat mereka tak akan kembali lagi menggunjungi blogmu apapun alasannya.

8. Blogmu menjadi korban pencurian artikel

Jika blogmu menjadi korban pencurian artikel/konten alias di copy paste oleh orang, tentu hal seperti ini sangat merugikan dan salah satu akibatnya blog kamu akan menurun dari segi traffik.

Kenapa pengunjung bisa menurun  jumlahnya jika konten blog di copypaste oleh orang lain?.

Penyebabnya adalah konten milik si pelaku pencurian yang dibuat berkat mencuri dari blogmu lebih sering dikunjungi dan dibaca penguna internet, mungkin hal tersebut terjadi diakibatkan oleh konten atau blognya  muncul di halaman pertama sementara konten dan blogmu tidak.

Jadi yang seharusnya penggunjung mengunjungi dan membaca blogmu menjadi teralihkan ke blog si pencuri tersebut karena kontenya yang sama akan tetapi konten dia lebih mudah ditemukan.

9. Blog dan konten milikmu kurang SEO

SEO (Search Engine Optimiztation/Optimasi mesin pencari) merupakan sebuah ilmu didunia blogging yang cukup penting.

Jika kamu tidak mempelajarinya dan menerapkannya pada blog dan konten buatanmu, maka blog kamu bisa dipastikan akan sepi pengunjung.

Kenapa bisa demikian?, karena tanpa teknik SEO membuat blog dan konten punyamu itu menjadi susah ditemukan oleh mesin pencarian, sehingga mesin pencarian tidak bisa merekomendasikan konten di blogmu tersebut untuk dibaca oleh pengguna internet yang sedang mencari informasi didunia maya.

10. Blog jarang dipromosikan

Mempromosikan blogmu sama saja dengan kamu memperkenalkan blog kamu itu ke mata umum agar mereka tau bahwa blog milikmu itu ada didunia ini.

Nah kalau kamu saja jarang mempromosikan blog milikmu maka jangan berharap blogmu banyak yang mengunjungi.

11. Kamu tidak mensubmit konten blogmu ke Google Webmaster Tools serta Bing Google Webmaster Tools

Dengan mensubmit konten blogmu ke dua tempat, yaitu Google dan Bing Webmaster Tools menjadikan konten blogmu semakin mudah ditemukan oleh kedua mesin pencarian tersebut.

Apabila tidak, tentu blog kamu akan sulit ditemukan dan pengunjung blogmu tidak akan mengalami peningkatan.
 
12. Tampilan atau desain blog kurang rapi 

Tampilan atau desain blog kamu kurang rapi, hal ini tentu saja membuat penggunjung blog kamu merasa tidak nyaman saat mengakses segala informasi di blogmu dan pastinya juga, menjadikan mereka pergi dan tak mau kembali lagi untuk menggunjungi blog kamu.

13. Loading halaman blog lambat

Perlu diketahui, bahwa semua orang selalu ingin mengkonsumsi segala bentuk informasi yang terdapat di dunia maya dengan sangat cepat.

Nah saat halaman di blog kamu dimuat dan ternyata super lelet, maka kejadian seperti itu benar-benar menjengkelkan bagi penguna internet yang sedang berkunjung di blog kamu.

Dengan peristiwa tersebut juga, kemungkinan besar membuat pengguna internet tersebut akan langsung menutup halaman blogmu bukan?, dan tentunya kejadian seperti itu membuatmu kehilangan seorang pengunjung.

Dan satu lagi, blog yang loadingnya lambat akan diangap buruk di mata mesin pencarian, jadi blog maupun konten kamu akan sulit muncul di halaman pertama.

Kemudian, bagaimanakah cara mengatasi jika blog menjadi sepi pengunjung?
Untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog, kamu bisa mengikuti cara saya berikut ini di artikel 7 Cara Mendatangkan Ribuan Pengunjung ke Blog Setiap Harinya.

No comments